Kenapa Mesti Lebih Cepat Dari Hari di Kalender? (FR Dareka no Tameni: 7 Februari 2014)


Rencana yang memang berjalan lebih cepat dari hari di kalender. Rencana mau nonton setlist terbaru Dareka no Tameni (Demi Seseorang) dari Team J JKT48 ini sebenarnya mau nanti saja direalisasikan di pertengahan bulan, sekalian bersamaan ke HS Festival Musim Panas Sounds Good, kalau bisa dan jadi. Berhubung tanggal 4 sampai tanggal 9 lagi ada kerjaan di Jakarta, coba-coba lah apply Dareka no Tameni. Jilalah ya kok tembus, alhamdulillah. Oh senangnya miliki verif Dareka no Tameni saat ini, sangat merasa beruntung. Siap ndak siap lah, ya gimana lagi. Jadinya ya ndak bakal berekspektasi apa-apa. Mau naruh ekspektasi apa coba kalau lagu yang saya kenal dari setlist ini cuma Bird sama Rider sajahhahahaha.

Larilah sampai theater demi cinta itu, mepet seh, langsung ngantri buat tukar verif. Sempat dijutekkin sama mbak yang jaga loket waktu mempertanyakan dapat verif FAR tapi di tiketnya kok ndak dikasih stempel FAR. Bukan males ngantri bingo mbak, kan cuma mempertanyakan hak secara baik-baik, lagian di verif sudah jelas tercantum FAR dan KTP saya asli Probolinggo kok ya masih ndak percaya, duh rai’ne kudu tak untel ae. 

Masuk ke dalam dapat row 3 agak tengah. Semuanya sudah masuk, penuh, lumayan orang depan nunduk terus memperhatikan hp-nya jadi ndak begitu menghalangi. Nengok kanan-kiri juga banyak yang lagi memperhatikan hp-nya, bukan lagi jatuh cinta, tapi main Flappy Bird, ebuseeeett.

*

Kageana: Sendy, seperti biasa ngomongnya rumpik centilhhahaha.
Beberapa menit kemudian Sendy minta maaf kalau show dimulai agak telat soalnya ada gangguan teknis, entah. Meski tertunda sekitar 20 menitan, overture-nya ndak kendor tetap semangat, asik.

M01. Tsukimisou
Lagunya semacam tradisional Jepang gitu. Yang belum nonton, jangan pikir dedek-dedek ini ndak cocok bawain lagu ini duluuuu. Dengan power yang enerjik, hentakan-hentakan yang menggetarkan, liukan-liukan yang dinamis indah, teriakan-teriakan "yossha!" yang juga diikuti penonton membuat saya langsung kagum. Selamat buat Melody dan Nabilah yang jadi poros utama di lagu pembuka ini, Beby dancenya guendheng cuk, yang lainnya juga dancenya ndak kalah gendheng deng. Seifuku-nya model sailor warna hijau kotak-kotak dipadu warna biru beludru, 2 lagu selanjutnya juga masih pakai seifuku yang sama.

M02. Warning
Mulai dari intronya, lagu ini agak asing di kuping, temponya cepat tapi liriknya patah-patah, aneh. Kesan begitu muncul kalau dengarnya sambil tutup mata. Begitu buka mata, dedek-dedek ini cukup baik membawakan gerakan-gerakan yang rumit, banyak melihat chemistry antar member yang memang memiliki hubungan erat, pesan dari lagunya cukup bisa nyampai di otak juga. Powerfull-nya Kinal jadi ndak sia-sia di lagu ini, keren Nal, jadi tahu seksi versi Baby Huey-mu hhehehee.

M03. Tanjoubi no Yoru (Malam Ulang Tahun)
Ahhahahaai, senang dedek-dedek JKT48 ada referensi lagu ulang tahun lagi setelah Namida Surprise. Lagunya punya vibe lebih ceria, lebih santai, jadinya lebih suka lagu ulang tahun yang ini daripada Namida Surprise. Pelafalan "happy birthday to you"-nya menyenangkan, layak ditunggu. Etapi itu yang depan ndak usah nunjuk-nunjuk ke saya juga woi! *lemah* :))

MC1. Kalau disuruh bawakan Kimi no Baku no Kankei mau partner sama siapa?
Nabilah: "mau sama kak Melody, dari dulu uda deket, ngerti banget sama aku"
Shania: "sama kak Balenk, soalnya lucu kalau dia perform"
Melody: "sama Nabilah, soalnya dia penyebar keceriaan dan lincah banget, seru bawaannya" hmm kayaknya bakal jadi Acchan x Takamina-nya JKT48 beneran dah
Kinal: "sama Ayana aja, biar kalian mendengarkan suara terbaik dari JKT48" hhahahaa, ngok!
Beby: "sama Ghaida, soalnya so sweet ada kata hey-my-boys-do-you-know-that-i-love-you"
Wawa: "sama Beby aja, wotanya cici (Stella)" Beby memang wota imba, oshi di mana-mana :))
Ve: "sama Frieska, sama-sama ansos biar bisa nunjukkin kalo ansos juga bisa lucu"
Gaby: "sama Cigull, soalnya sama-sama imut" dan saya baru nyadar Cigull ndak ada di sesi ini, ke mana?
Rica: "sama Dhike, soalnya sama Sendy uda mainstream, mau dilogatin Sunda" hmm tatapan ngambeknya Sendy itu loh ya :')
Frieska: "sama Kinal, soalnya sama-sama lagi naik berat badannya" otomatis saya noleh ke lengannya Kinal, itu lengan berisi banget gitu kerasukan apa woi?
Delima: "sama kak Sendy, mau dijadiin ada cengkok dangdutnya"
Sendy: "sama Delima, soalnya gampang diajak malu, kepolos-polosan, juga nanti bisa dilogatin Jawa"
Shafa: "sama kak Sendy, biar nyanyi ketularan bagus" hmm lain kali lepas saja Shaf, jangan malu-malu sama kakak-kakak Team J :)
Ghaida: "sama kak Ve yang terkenal dengan badainya, aku jadi ombaknya aja"

* lanjut masuk ke unit song

M04. Bird -  Melody, Kinal, Cigull
Jujur, unit song pertama di setlist ini lah yang jadi alasan saya ngebet apply tiket. Beruntungnya, begitu tembus apply tiket hari ini saya langsung disuguhi lagu ini secara live, openmic, tanpa lipsync. Kata mas-mas sebelah saya, 3 lagu sebelumnya juga live, openmic, tanpa lipsync. Saya yang baru nonton setlist ini ndak bisa bedain! Kaget seh, ini setlist baru masih butuh memperkenalkan lagu yang ada di dalamnya, hebatnya sekarang sudah berani bawain gini. 
Melody performnya jauh lebih baik ketimbang pas dia bawain Kuroi Tenshi di setlist Renai Kinshi Jourei, duh itu suaranya tambah bagus, tapi ekspresinya belum menunjukkan emosi yang ada di lagu ini Mel, bisa lah itu dicari-cari dan ditingkatkan lagi. Kinal yang punya modal persona sangar-sangar lembut sudah cocok banget buat lagu ini, tapi kalau bisa kurang-kurangin dikit powernya Nal, sudah bisa mencuri perhatian kan ndak enak kalau overpower-nya bikin njomblang di sayap kanan. Apresiasi lebih untuk Cigull, dia benar-benar bisa membuang persona loli-nya dengan usaha mengubah suaranya jadi agak berat (ndak lagi cempreng) dan dance-nya yang lebih tegas namun ndak berlebihan menjadikannya sosok kuat di lagu ini, emosinya paling dapet banget. Sebentar, itu Cigull bukan seh? Sendaknya saya sukses dibuat lupa kalau lagu ini katanya lagunya Takamina banget atau siapalah itu. Eiya itu bulu sayap di seifuku-nya siapa yang rontok? :))

M05. Nage Kissu de Uchi Otose (Jatuhkan Dengan Kiss Bye) - Nabilah, Shania, Beby, Ayana, Sonia, Gaby
Entah saya kok selalu merasa kayaknya berisiko menempatkan Nabilah sendirian menjadi center di tiap unit song. Apalagi di unit song bertema anak-anak genit ini, yang dipimpin Nabilah adalah member-member imba semacam Shania, Beby, Ayana, dsb. Seru seh kalau yang dilihat cuma dari salah 1 oshi kalian kelihatan ekspresinya masing-masing pada jago semua, tapi kalau dilihat utuh secara keseluruhan masih kelihatan egonya masing-masing, pengennya lomba genit mencari kesenangannya sendiri-sendiri, jadinya agak piye gitu. Eman loh padahal translate liriknya sudah pas enak didengar, seifuku-nya juga cubangets warna-warni stabillo enak dilihat, dan ada gimmick yang bisa diamainkan yang berpotensi bisa menyenangkan penonton. Dipikir juga eman ya kalau Beby cuma ditaruh di unit song begini, dia bersama Gaby kalah ceria dan centil dari yang lain. Satu-satunya yang bikin senang bisa lihat Shania balik ke umur aslinya lagi, meski cuma di unit song ini sudah banyak bikin orang jatuh.

M06. Shinkirou (Khayalan) - Ve, Rica
Seifuku-nya gaun warna putih ada lilitan tanaman cantik banget, ditambah penghayatan yang sempurna bikin Ve jadi kayak bukan manusia lagi. Bidadari banget. Rica (yang sejatinya lagi menggantikan Haruka) ndak kalah bagusnya, penghayatan dan ekspresi bawaan dia bahkan lebih dalam masuk ke lagunya, terasa perih mbrebes mili euy. Pairing genk tua ini klop puol, unit song ini juara! Silet mana silet?

M07. Rider - Ghaida, Sendy, Frieska, Delima, Shafa
Didukung translate lirik yang sangat bagus, pesan dari lagu sakral ini cukup tersampaikan dengan baik. Ghaida bagusnya paling menyita perhatian, performnya paling pas, suaranya dia juga kok bisa jadi bagus banyak berkembang gini coba. Sendy ndak tahu ya kok saya merasa dia (lagi) ndak nyaman di unit song ini, punya modal pernah sukses bawain lagu Temodemo no Namida yang penghayatannya hampir serupa seharusnya dia bisa lebih bagus dari Ghaida, mungkin Sendy masih kebawa Tsundere dan risih ndak bisa bebas goyang. Frieska tambah cakep ya, sayangnya kok kurang konsen gitu, lagunya memang butuh beberapa tatapan kosong bukan berarti hilang konsen juga kan. Jadi mempertanyakan, apa memang Frieska hanya bisa bagus di lagu-lagu yang powerfull? Tunjukkan dong, soalnya pas lihat Frieska di River sama Kagami no Jean d'Arc dia keren. Delima sudah bagus tapi masih bisa ditingkatkan lagi itu Del. Kali ini apresiasi lebih buat Shafa, saya ndak tahu sudah keberapa kalinya member Trainee ini perform di unit song dan setlist ini, yang jelas dia sangat bisa mengimbangi kakak-kakaknya yang lain, cumanya di group song dia tenggelam kurang bisa percaya diri. Momen mengheningkan cipta dan dadah kayaknya yang paling ditunggu di lagu ini, eman kalau feelnya cuma begitu dan ndak digali lebih dalam lagi. Seifuku-nya bagus warna-warni mirip Power Ranger, modelnya kayak umbrella girl, kacamata dan motif kotak-kotaknya saja yang ndak sreg pas dilihat.

MC2: Ngomongin unit song, disebutin judulnya terus diomongin. Ndak jelas, skiiiiiiiippp! Entah kok merasa daritadi sesi mc-nya garing, efek ndak ada Haruka sama Jeje kali ya. Ndak ada yang bisa menghidupkan mc-nya atau memang lagi males-malesan, Nabilah juga tumbenan lagi banyak diemnya, diemnya Nabilah seh.

*

M08. Seifuku ga Jama wo Suru (Seragam Ini Sangat Mengganggu)
Saya bingung ini masih termasuk unit song atau bukan, kayaknya bukan, tapi isinya ndak genap 16 member cuma: Melody, Nabilah, Ve, Kinal, Shania, Cindy, Ayana, Rica. Lagunya bertema nakal. Member sendiri terlihat ragu-ragu mau perform lepas tanpa beban moral, jatuhnya malah bikin pengen ketawa, padahal lagu ini butuh ekspresi berontak marah. Tanpa perlu ditahan lepas saja, ndak usah mikir macam-macam, toh cuma pakai seragam sekolah yang sedikit di-mengsle-kan sambil kibas-kibas rok saja kan, anggap saja kalau ada yang masih gesrek itu otaknya sudah mengsle. Setelah "hey hey hey" yang fenomenal di Koisuru Fortune Cookie itu kayaknya Shania bakal bikin "ahhh" jadi fenomenal juga di Seifuku ga Jama wo Suru ini. Shania, dan hmmm Nabilah, taiklah ya! :))

M09. Natsu ga lcchatta
Perform dedek-dedeknya sudah asik seh tapi lagunya jujur agak bikin bosen atau mungkin saya yang sudah mulai capek. Skip saja ya daripada nggelambyar dengan pikiran seenaknya.

M10. Koike (Adyth)
Lagu yang sebenarnya berjudul asli Koike ini bangkek puol lah dibawakan sama Ve dkk. Ve yang memegang kunci di lagu dengan ocehan monolog panjangnya kok jadi rusak gini. Woi siapa yang ngajarin ini woi? Semakin banyak member yang rusak bersama fans. Apalagi kali ini monolognya live, ndak lipsync, Ve makin bebas mengimprove tiap ocehannya. Sumpah jadi pengen nabok Ve pas ngoceh "menurut ngana?". Maaf, sepanjang lagu ini jadi ndak bisa memperhatikan member lainnya, semua salah Ve.

M11. Tsuki no Katachi (Bentuk Sang Rembulan)
Nah ini, Sendy akhirnya gendheng juga, keluar total dah itu dance sama suara yang ditunggu-tunggu. Lagunya sendiri enak, temponya sangat bisa dinikmati meski sudah capek sekalipun, reff-nya mengingatkan saya sama Runaway Baby-nya Bruno Mars.

MC3. Sebelum tidur kalian ngapain dulu?
Rica: "tidur-tiduran, nonton tv, kalo gak duduk di luar mandangin langit, sambil mikirin kamu"
Delima: "kalo dulu makan, sekarang main game burung yang gitu deh" tuh kan kebukti lagi member rusak bersama fans :))
Nabilah: "nonton tv, Subuh ngerjain tugas, baca doa, ganti baju tidur"
Melody: "latihan dane biar lebih baik lagi, terus paling main game yang lagi hits banget sama kayak Delima, tapi kurang menarik, cari yang lain"
Ve: "ngerjain tugas dulu kalo kuliah, mandi dulu, aku punya lampu kecil yang kalo dinyalain ada bintang-bintangnya, bikin tenang, bengong sampai tidur"
Cigull: "kan kamarnya di atas, biasanya kalo gak bisa tidur ya turun ke lantai bawah manggil mama minta dikelonin, gara-gara waktu itu habis nonton horor"
Gaby: "denger musik, baca doa kalo inget"

M12. Dareka no Tameni (Demi Seseorang)
Cuma bisa dengar ini lagu enak, liriknya pas, dan dress putihnya adem dilihat saja. Bahasa tubuh sama ekspresi yang terlihat cuma datar dari awal sampai akhir lagu. Mungkin efek member sudah capek dan saya nontonnya sudah capek juga. Eman lagunya potensial.

*

Masuk encore, lucu, yang ngimami minta tolong encore-nya diganti pakai teriak “Sendy! 200!”. Katanya buat merayakan perform Sendy di theater yang ke 200 kalinya. Saya mah ngikut saja, tapi ada yang ngerusak, berantakan lah itu encore, bukan salah saya mhuehhehehee.

EN1. Medley: Aitakatta, Kimi no Koto ga Suki Dakara, Baby Baby Baby!, Ponytail to Shushu
Duaarrr! Medley kok begini woi? Bhuahhahahaa ini mah cuma motong gabung lagu seadanya saja, paling kampret motongnya pas Aitaka. Ndak masalah materinya lagu-lagu lawas dan ndak ada lagu barunya seh. Justru karena isinya lagu-lagu lawas jadi pas lihat Team J atau Gen 1 JKT48 membawakannya kayak diajak refleksi mengingat awal-awal perjuangan mereka. Lebih menyenangkan lagi, ke-4 lagu ini termasuk lagu yang full chant, jadilah sekarang giliran penonton yang gendheng. Ayana sama Sonia menghilang, entah ke mana, membuat kelualga dan toman dan olang di sekital jadi khawatil.

MC4. Apa yang ada di pikiranmu saat ini?
Shafa: "sekarang turun hujan gak ya? takut susah pulang" entah kok jadi sedih dengarnya :(
Beby: "kak Sendy hebat ya, uda 200 kali perform!"
Frieska: "mikir, bisa tidur gak ya nanti malem?"
Ghaida: "mikirin aduh gimana ya nasib UAS hari Senin nanti?”
Delima: "gimana caranya biar pipi aku kempes, soalnya makannya banyak bukan gemuk ke badan tapi ke pipi”
Sendy: “seneng karena uda 200 kali perform ada banner-banner, cuma bisa bilang makasih”

MC5. Kata-kata favorit sekarang apa?
Kinal: “ganbatte jangan bete dan meneketehe”
Rica: “oh my God, oh my wow, oh my sweet, oh my darling” mbuh uopo iki :(
Melody: “naon deui, sama oh iya” kirain gitu Mel, gitu :p
Nabilah: “this is so cute man, sama ngomong btw anyway”
Gaby: “keep smile”
Ve: “menurut ngana? iya itu bahasa Manado-nya dari demi apa?”
Frieska: “dulu dipanggil aking, anak kuringtang, artinya kurus kering kerontang”

EN2. Namida Uri no Shoujo (Gadis Penjual Air Mata)
Kalau saya dengar dan cerna dari liriknya, lagu ini sangat ngenes menyedihkan. Salah menginterpretasi atau memang dibawakannya begini, perasaan ngenes menyedihkannya hilang, tapi di sisi lain saya sangat menikmati perform mereka yang memang bagus bahkan saya menganga pas mereka ngerap di tengah lagu. Kalau emosinya nyampai, seharusnya setelah lagu ini saya punya keinginan membeli air mata dedek-dedek ini.

*

Setelah lagu Namida Uri no Shoujo dan mengucapkan seno sewajarnya show malam ini berakhir. Karena keberlanjutan yang tak wajar, ada pengumuman, pengumuman dari Cigull. Dia meluk member satu per satu, perasaan saya langsung jadi ndak enak layaknya si putri duyung cinta. Air mata Gaby dan Shania keluar, beberapa detik kemudian mata member lainnya pun ikut berkaca-kaca berlinang tak bisa berhenti, saya pengen nelpon operator F(x) supaya listrik se-mall ini dimatikan saja. Cigull berusaha tegar, menarik nafas.....

"Aku mau mencoba di luar sana. Aku akan bawa bekal aku dari 2 tahun di JKT48 buat mencapai mimpi di luar sana. Kalo aku gak di sini lagi, mungkin kalian bakal ada yang lupa sama aku. Kalo kalian lupa sama aku, satu hal yang perlu kalian ingat: aku gak akan lupa sama kalian. Dengan ini Cindy Christina Gulla menyatakan lulus dari JKT48.

Jegeeerrr! Bagaikan tersambar petir, ndak percaya. Siapapun ndak percaya kalau member yang selalu bisa bikin semua fans bahagia itu memutuskan graduate secepat ini. Jadi semua lagu mendadak dibawakan live tanpa lipsync tadi itu permintaan Cigull? Jadi begini toh rasanya nonton theater yang ada pengumuman graduate dari member? Meski bukan oshi yang graduate dan memang lagi ndak punya oshi, ternyata nyeseknya tetap terasa banget ya, tahu gitu ndak bakalan apply Dareka no Tameni hari ini.

Terimakasih Ekor Malaikat pink, Tsundere loli, dan Bird sayap hitam sebelah kiri. Semua bakalan tetap sayang Cigull, semangat ya! Apa kabar kaos Stand Up Comedy Malang yang tak kasih waktu direct selling River di Malang ya? :)

* maaf ya kalau kata-katanya seperti cakar tajam menusuk :)

Comments

Popular Posts