JKT48OyiMLG, 2 Hari Fans JKT48 Malang Berdelusi

Hhehehee agak lama ya reportnya, sengaja kok, bukan ndak sempat. Lagian ditulis kapan saja saya ndak bakalan lupa, selain momennya memang sulit dilupakan juga karena memang sudah tercatat di hp dan beberapa sudah aku twitkan.

Sabtu, 7 Desember 2013

Sebenarnya ndak ada yang terlalu istimewa dari 2 event yang diadakan hari ini. Kecuali General Handshake dengan embel-embel yang terakhir dan Meet and Greet (MnG) dengan embel-embel yang akan menawarkan sesuatu berbeda. Bisa terasa istimewa karena mungkin fans di Malang kangen dedek-dedek idol ini. Member yang hadir di 2 event itu ada Melody, Nabilah, Naomi, Hanna, Yona, Lidya, Tata, dan Nadila pakai seifuku River.

General Handshake pertanda rangkaian program delusi umat fans JKT48 di Malang yang bertajuk JKT48OyiMLG ini dimulai. General Handshake beda dengan Individual Handshake, bukan 10 detik tapi +- hanya 3 detik per member, bukan untuk 1 member tapi untuk semua member yang ada pas itu. Tiket untuk General Handshake berupa selembar kartu pink didapat dari CD Heavy Rotation versi regular.

Acara General Handshake molor dari waktu yang seharusnya pukul 15.30, tapi member baru sampai di venue Sasana Budaya UM pukul 16.45 dan baru dimulai sekitar pukul 16.55. Salut buat semua fans yang sudah tertib antri sabar menunggu, meski pada saat itu hujan mengantam atap dengan derasnya. Oiya antrian buat fans cewek dan anak-anak dibedakan dan didahulukan, respek. Apesnya, belum giliran saya handshake, dari luar makin membludak fans yang datang, awalnya sangat kondusif jadi kurang kondusif, apalagi sempat ada insiden pecahnya pintu kaca venue. Mungkin saat fans makin membludak EO panik lagi dikejar waktu (fyi pukul 18.00 ada acara lain, press conference di lain tempat), alhasil laju antrian dipercepat. Ndak ada yang diharapkan dari handshake yang mirip saliman sama keluarga mempelai pas datang ke kondangan ini. Saya cuma titip semangat buat member-member Trainee ke Nadila, nyemangatin Lidya buat ngejar Viny, ngetroll manggil Tata pakai sebutan Thaja meong meong, menyapa Hanna pakai bahasa Jawa, titip pesan jangan galak-galakin Frieska ke Melody, selebihnya hanya senyum diam dan membisu kaku di hadapan Nabilah, Naomi, dan Yona. Dengkul lemas, tangan giting, hati berbunyi kencang. Rasanya saya cukup menggunakan 1 tiket meski ditangan memegang 3 tiket, males ngantri lagi juga.  Sendaknya saya sudah melepas keperjakaan handshake, officially. Sisa 2 tiket saya hibahkan ke fans yang ada di sekitar venue, yang belum punya tiket tapi pengen banget ikutan handshake sama idolanya, semoga bermanfaat ya.

Sebelum berangkat ke venue MnG, saya sempat ikutan ngobrol (atau lebih tepatnya ngegosip) sama fans yang ada di luar Sasana Budaya kalau katanya di dalam sempat ada insiden lagi: Lidya habis menolak handshake sama 1 fans yang tangannya basah. Iya sih pas handshake tadi memang posisi Lidya ada diurutan pertama, otomatis jadi member yang berhadapan pertama kalinya dengan fans. Cuma gosip atau fakta saya ndak tahu kejadian pastinya. Kalau pun memang terjadi begitu, Lidya pasti punya alasan kuat juga, saya ndak mau ngejudge, cuma Lidya dan Tuhan yang tahu.

Enak-enak ngobrol, eh dengar ada insiden lain lagi: salah 1 mobil member (iya, selama 2 hari ke dan di Malang, member selalu diantar 4 mobil Honda Brio) ban kanannya terperosok ke lubang pembuangan pas mau menuju ke Ria Djenaka, venue press conference dan MnG. Yaelah, onok-onok ae ta la. Tapi sudah langsung dibantu dorong sama fans yang ada di lokasi kejadian. Habis sholat maghrib, langsung nggeber motor ke Ria Djenaka. Hujan-hujanan tanpa jas hujan mah bodo amat, dekat ndak sampai 1 km juga.

*

MnG waktunya molor juga, seharusnya pukul 19.00 tapi baru dimulai pukul 20.00. Saya ambil posisi paling belakang. Sengaja, saya belum siap berhadapan lama sama Hanna, Lidya, Nadila, Naomi, Melody, Nabilah, Yona, dan Tata dengan jarak yang begitu dekat. Iya, jaraknya dekat banget, dari yang paling belakang saja masih jelas memperhatikan apa-apa yang mereka lakukan. Mungkin ini yang katanya menawarkan sesuatu yang beda itu, kali ini MnG diadakan di cafe ndak kayak MnG di kota lain, jadi kesannya bisa agak lebih dekat, santai, dan akrab.

Sebelum MnG dimulai ini si Nabilah sama Melody paling ramai sendiri dah, becanda sendiri, padahal member yang lain lagi diam. Dari sini saya mulai berspekulasi, ah kayaknya mereka lagi membangun chemistry untuk kejutan bawain lagu baru Kimi to Boku no Kankei (Hubungan Kau dan Aku), cuma berdua saja loh Team J yang sudah datang di hari pertama ini, selama perjalanan ke Malang mereka berdua selalu duduk bersebelahan, skenario buat apa lagi coba hhehehe

MnG sebenarnya biasa-biasa saja, dari banyaknya perkataan dan statement mereka yang hinggap di otak, cuma 1 yang paling bisa bikin tersenyum lega. Pas ada yang pertanyaaan nyindir, "Kenapa kok pakai lagunya AKB48 terus, kok gak pakai lagu sendiri saja?" Melody menjawabnya seakan memberikan kode, "Kita juga selalu berusaha, mengharap single original sendiri, mungkin tahun depan dibuatin." Berarti sudah ada arah ke sana, ditunggu sajaaaaa... :)

Selanjutnya acara berturut-turut diisi games, seru, saya yang sudah capek kurang begitu antusias. Cuma memperhatikan suara Yona pas nyanyi duet dengan pemenang games, tingkah Nabilah sama Tata yang ndak capek-capeknya ngetroll mulu, Melody yang pas itu berperan sebagaimc sampai kewalahan. Sebelum acara MnG ditutup, ada sesi foto-foto, bukan foto 2shoot loh ya, fotonya bareng-bareng ramai per 2 meja. Acara MnG ditutup dengan dinner bareng member, bhhihihi menu makanan biasa yang disajikan mendadak jadi enak. Tapi ndak lama, member langsung cabut duluan. Saya juga cabut duluan begitu sudah kenyang, bukan untuk ngikutin member sih, keburu ada janji ngisi siaran salah satu radio di Tidar.

Pas siaran, konsen kepecah gara-gara ada yang bebarengan ngepost foto lagi makan di Pizza Hut Ciliwung, seberang Hotel Atria yang mereka inapi. Jauh-jauh ke Malang nyari makannya tetap ke Pizza Hut, duh.

Minggu, 8 Desember 2013

Sebelumnya, tiket VIP saya resmi sudah saya jual, berganti menggunakan tiket Tribun Atas yang juga sudah saya beli sebelumnya. Alasannya, karena 8-9 hari yang lalu saya alhamdulillah-nya sudah dikasih kesempatan untuk pergi ke theater lagi, iya secara ndak sengaja apply tiket RKJ tembus. Pasca theateran, rasa kangen yang mendalam sudah terobati, sudah puas melihat langsung perkembangan perform mereka dengan jarak yang begitu dekat di theater.

Dipikir sih asik juga kayaknya dari Tribun Atas, ketika melihat ke arah panggung bisa sekalian melihat animo dan antusias fans di deretan Tribun Atas, Tribun Bawah, dan VIP. Jaraknya juga ndak begitu jauh, kalaupun nantinya ndak bisa lihat perform dedek-dedek JKT48 secara jelas kan di Graha Cakrawala di kanan dan kiri panggung ada giant LED screen-nya. Tribun Atas juga lumayan sedikit bisa menyelamatkan isi dompet.

Saya menukarkan tiket sekitar pukul 12.30. Alhamdulillah-nya saya memesan tiket via Insbreak online, antriannya sepi, ndak sampai 5 menit kelar. Ndak tahu lagi kalau saya memesan tiket via fanbase kudu antri berapa lama. Cepat kelar sih tapi ndak bisa cepat balik juga, kehalang hujan deras. Bingung juga mau ngapain lama-lama di depan Graha Cakrawala. Tiba-tiba ada fans di depan saya lagi ngomongin photopack terbaru yang ternyata tersedia dijual juga di loket official merchandise. Berjalanlah saya menuju loket yang ada di sebelah utara itu. Saya pengen beli DVD Konser Perkenalkan Nama Kami JKT48, lumayan kan bonusnya ntar bisa foto 2shot bareng member. Kehendak Tuhan berkata lain, saya masih ndak diijinkan memiliki DVD itu, DVD-nya ndak dijual di sana, katanya kudu ke theater atau beli online di Nadatop.

Begitu meninggalkan Graha Cakrawala dapat kabar kalau member kloter 2 segera masuk Malang. Ya karena ada janji acara lain, jadi kali ini ndak bisa ikut nyambut mereka seperti di hari pertama :(

*

Berangkat balik lagi ke Graha Cakrawala pukul 17.45, mepet sih untungnya ndak macet. Kali ini terpaksa bawa mobil karena memang lagi hujan, nunggu hujan mendadak berhenti juga takutnya telat.

Begitu sampai di Graha Cakrawala pukul 18.05 anjir lah ini di depan gedung sudah penuh fans JKT48. Saya mbatin, kalau sampai ada chaos dengan massa segini banyak bakalan ngeri ini. Sepanjang menunggu open gate dibuka, saya terus-terusan berdoa semoga ndak terjadi apa-apa. Sedikit lega pas nemuin banyak fans cewek yang manis-manis ternyata ikut nonton juga. Malu lah kalau sampai ada chaos, pasti bisa saling jaga.

Lebih dari 1 jam menunggu dan sempat mati lampu juga, ealah nyatanya open gate baru dimulai pukul 19.30, telat 1,5 jam. Mungkin selalu telat adalah fitur Insbreak Indonesia, EO yang bikin JKT48OyiMLG ini. Pas sudah open gate, informasi lewat pintu mananya juga simpang siur, sampai saya beberapa kali nanya ke fanbase yang ditunjuk EO mendapat jawaban: Tribun Atas masuk lewat pintu sebelah utara, VIP masuk lewat pintu sebelah selatan, dan Trubun Bawah (kayaknya) lewat pintu sebelah utara. Saya kagum selama ngantri masuk, ndak ada yang dorong-dorongan, sangat tertib, dan fans yang cowok selalu berusaha melindungi fans yang cewek. Malang jempol dah.

Begitu sampai di dalam, bingung lagi mencari nomor seat. Yang mengarahkan cuma nunjuk dari tangga naik ke Tribun Atas, jadi ya terpaksa menelusuri sendiri satu per satu kursi yang ada sampai mengabaikan suguhan beberapa MV-nya JKT48 yang ditampilkan di LED. Pukul 20.00 semua lampu dimatikan, acara dimulai telat 1 jam.

*

Kageana: Nabilah. Ngomongnya belibet amat dek, tapi itu yang bikin gemesin :))

Sebelum overture fans se-Graha Cakrawala berinisiatif koor nyanyi lagu Padamu Negeri dulu. Ritual ini cuma ada di konser Malang, karena ritual ini memang khas Aremania kalau Arema lagi main kandang di Stadion Kanjuruhan. Jujur saya sangat terharu. Masuk ke overture juga kompak, bikin merinding. Tapi pas selesai overture agak ndak pas dibuat ngambang beberapa detik sama video bumper ombak-ombakan sebelum ke-16 member masuk pakai seifuku Manatsu no Sounds Good.

M01. Manatsu no Sounds Good
M02. Baby Baby Baby
M03. Aitakatta
Meski ke-16 member ini baru dibentuk dan disatukan (tiap konser beda line up), blocking ndak ada yang saling tabrakan. Selama 3 lagu saya melihat fans sangat bersemangat ngechant, beberapa kali juga ngechant khas fans Malang seperti yang sudah dipraktekkan di MnG. Selama 3 lagu itu juga fokusku kemakan sama Melody, Stella, Haruka, dan Beby. Kharisma dan auranya Melody memang dah ya, susah dialihkan. Stella tebar-tebar pesona mulu, genit banget, mana bisa tahan digenitin sama Stella. Haruka lagi cantik-cantiknya nih pakai poni samping dan dikuncir kuda. Beby rambutnya dipotong agak pendekan lagi, tambah cantik.

MC1: Kan di Malang bahasanya suka dibolak-balik, gimana kalau member berada di dunia yang terbalik? Ke-16 member memperkenalkan diri pakai jiko masing-masing pakai ditambahi oyi di belakang jiko-nya.
Nabilah: "Yo opo kabare? Aku pengen lahir jadi cowok, terus punya adik cewek bisa aku jagain" aduh dek :')
Haruka: "Mau jadi cowok juga, pakai shampoo-nya sedikit, gampang gak susah, pakai celana juga simple" besok kalau ke theater kasih gift shampoo sama kolor saja lah ini anak :))
Melody: "Aku pengen jadi kalian (fans), ganti kalian yang perform terus aku yang nonton kalian" ini curhat sering dipush sama fans atau JOT, ya Mel? :')
Naomi: "Pengen jadi cowok biar jadi pebasket profesional" mau dong ya jadi bolanya :')
Nadila: "Pengen jadi kecil lagi, enak bisa main terus" bukannya sekarang masih kecil ya? atau ini curhat karena waktu main sudah dikorbankan jadi member JKT48?
Shania: "Piye kabare? Aku maunya makin tua tapi mukanya makin muda, biar gak dipanggil tante" iyain aja deh, tante :))
Beby: "Pengen yang pendiem jadi cerewet, biar aku gak malu lagi kalau ngomong" jangan lah Beb, malu-malumu itu yang justru bikin uwuwuwuuu
Lidya: "Pengen suaraku dibilang imut, soalnya banyak yang bilang kayak om-om" :))
Ghaida: "pengen jadi cewek yang feminim banget, kayak Shania" shit, malah bayangin Ghaida hey hey hey kayak Shania kan :')
Delima: "Maunya switch gender, yang cewek jadi cowok, yang cowok jadi cewek, biar sama-sama ngerasain" imajinasiku langsung rusak Del :(
Stella: "Pengen punya sayap , biar bisa terbang kemana-mana" kebanyakan syuting BSG ya Stel? minta diculik Vudo saja biar bisa terbang :))
Viny: "Mau bilang aku benci kalian, kan kebalik, jadinya aku sayang kalian" tolonglah Nyi :')
Yona: "Mau punya mesin waktu kembali ke masa lalu" kangen cosplay-an lagi ya Yon? atau kangen, ah sudahlah siapalah aku ini :')
Sonia: "Mau galak kayak cici, biar aku gak cengeng lagi" jangan galak-galak lah Stel! :(
Tata: "Mau jadi pemain timnas Indonesia" mau jadi kiper ya Ta? pantes pas MnG duduknya agak.....hmmm :')

*

M04. Tsundere - Nabilah, Naomi, Nadila
Trio N ini hmmm susah mau diungkapkan kayak gimana. Nabilah memegang kendali dengan porsi yang pas, jelas dia sudah paham betul sama lagunya dia sendiri dari setlist Renai Kinshi Jourei ini. Naomi ndak mau kalah, begitu pas membuka kacamata dengan mengibaskan rambut itu sungguh otak beneran kayak dihantam tsunami. Kredit buat Nadila yang sudah berusaha mengimbangi liarnya Nabilah dan Naomi, apalagi dengan suaranya yang sangat enak didengar ini, peran yang biasa diambil sama Sendy. Naomi dan Nadila toh juga sudah pernah bareng di lagu ini pas Konser Perkenalkan Nama Kami JKT48 di Tennis Indoor Jakarta.

M05. Heart Gata Virus - Haruka, Beby, Shania
Agak ndak rela nonton lagu ini tanpa dibawain sama Ayana di sini. Chant di awal pun tetap pakai ngechant Ayana, keras. Masuk reff pertama baru saya mulai bisa melupakan Ayana. Mata ndak bisa membohongi nggemesinnya aksen Haruka dan imba-nya Beby. Pertama kali lihat Beby ditwintail, pakai baju yang biru pula. Terus ngomong monolognya diganti pakai bahasa Jawa "iki mesti ora mungkin, aku yo mikir ngono, tapi koyoke aku tresno karo awakmu", cubangets :3

M06. Kagami no Naka no Joan D'Arc - Melody, Naomi, Lidya, Ghaida, Delima.
Ini versi Kagami yang paling seksi yang pernah aku tonton. Melody bisa lepas dari bayang-bayang Kinal, bisa menciptakan Kagami-nya versi sendiri tanpa mengurangi esensi lagu. Posisi Naomi sama kayak Pajama Drive Revival. Hampir semua seifukunya memamerkan udel mereka kecuali Melody. Semuanya kayak kesetanan pas bagian mengibas-kibaskan rambut. Sepanjang lagu ini kalau ndak gesrek berarti anda tergolong orang yang sangat beriman. Benar-benar menjadi ujian bagi kaum Adam.

MC2. Gimana kesan-kesan member selama di Kota Malang?
Naomi: "Banyak fans antusias, baksonya enak-enak, sambutannya hangat" iya bakso, situ kalau di Jakarta beli baksonya cuma di F4 sih:')
Nabilah: "Makanannya enak, fansnya ramah" hmmm dek Nabilah juga ramah, selalu membuka jendela mobil menyapa tiap ada fans yang menyambut di jalan :')
Melody: "Kaget banyak yang nyambut waktu konvoi ke Malang, fans di Surabaya sudah banyak, eh di sini lebih banyak lagi, semoga ke sini lagi" eh itu yang nyambut ada akunya juga loh Mel :p
Nadila: "Adem, sejuk, gak kayak Jakarta, lebih enak dari Jakarta" :')
Lidya: "Suka udaranya, fansnya juga baik banyak karangan bunga di depan hotel, asik" lumayan lah Lid, fans bisa bagi-bagi rejeki sama tukang bunga di Splendid :')
Dipimpin Melody member ikut ngechant khas fans Malang: buka titik joss! asik asik joss! jya jya jya jya tahu tahu tahu

M07. Gomen ne, Summer - Stella, Shania, Haruka, Beby, Ghaida, Delima, Sonia
Ndak ada yang diragukan kalau lagu ini dibawakan kakak-kakak senior di JKT48 ini. Semuanya keren, ndak ada yang berusaha terlihat paling menonjol, berimbang, salut buat si centre. Toh sebagian besar dari mereka memang senbatsu (member pilihan) di lagu ini. Ghaida yang tiba-tiba berani sangat genit merupakan salah satu hal yang mengejutkan. Delima cantik juga ya pakai seifuku ini.

M08. Manatsu no Christmas Rose - Viny, Hanna, Tata, Yona
Lagu punya kakak-kakak di Team J ini diambil alih sama adek-adek Team KIII. Bukan hal baru, di Konser Perkenalkan Kami JKT48 di Tennis Indoor lagu ini juga pernah dibawain sama adek-adek Team KIII, cuma posisinya Della pas itu sekarang digantikan sama Yona. Di lagu-lagu sebelumnya fokus belum teralihkan ke Viny. Okeh inilah saatnya fokus memperhatikan Viny, pengenku begitu. Tapi aku gagal, fokus teralihkan duluan sama Hanna dan Tata. Suara, penjiwaan, dan ekspresi mereka berdua terlalu begitu bersinar di lagu ini. Viny sepertinya memang sedikit butuh waktu agak lama kalau beradaptasi dengan lagu-lagu yang baru dia bawakan, atau dia ndak nyaman bawain lagunya kakak-kakak Team J. Yona masih ada beberapa ekspresi dia kurang pas dan gerakkan yang sedikit terlambat, tapi mangap-mangapnya dia bikin adem. Secara keseluruhan mereka membawakan lagu ini lebih bagus daripada kakak-kakaknya di Team J yang pernah saya lihat 2 kali pas theateran RKJ.

M09. Temodemo no Namida - Sonia, Stella
Salah satu keinginan Stella sebelum meninggal JKT48 terwujud. Yang sudah ngevote duo Winarto Sisters ini di Pajama Drive Revival dan ndak lagi nonton konser ini pasti ngiri, hhehehee. Lah saya saja misuh-misuh histeris pas mendapati Stella dan Sonia keluar dari balik pakai seifuku warna pink silver. Keduanya meski bersaudara kelihatan punya kelebihan masing-masing: Stella yang berani nyanyi live (ndak lipsync) punya kelebihan di suara, dan Wawa punya kelebihan di penghayatan lagu, keduanya nge-blend di lagu ini.

M10. Kimi to Boku no Kankei - Melody, Nabilah
Tuh kan beneran salah satu kejutannya. Kerennya lagu ini berani live openmic meski baru pertama kali dibawakan, edian, fans di Malang sangat beruntung. Bodo amat lah ya meski masih banyak bagian yang belepotan terutama Nabilah. Keduanya tetap cantik apalagi ditambah pakai seifuku fleur gini.

*
MC3. Member disuruh menunjukkan pose terjeleknya
Beby jadi babi, Ghaida pergain wajah orang gila, Hanna moncongin bibir, Shania manyun, Tata. Sesi ini beneran hancur sudah. Ghaida dan Beby kemudian coba menggunakan bahasa walikan khas Malang, makin hancur sudahhahahaa.

M11. River
Karena Kinal ndak ada, jadi kali ini Shania yang menemani Melody jadi double center. Percaya atau ndak, ini pertama kalinya saya nonton River dibawakan secara live, saya sukses dibuat melongo kagum.
M12. Oogoe Diamond
Mata berusaha fokus ke Stella tapi pikiran melayang jauh kangen Akicha ada di lagu ini. Ndak bisa bohong, kayaknya center lagu ini di otak sudah lekat sama Akicha, meski dia keberadaanya seperti angin di JKT48..
M13. Ponytail to Shushu
Uwoh kapan yang terakhir kali aku nonton lagu ini? Sudah lamaaaaa. Hayo siapa yang kangen?
M14. Kimi no Koto ga Suki Dakara
Fans belum habis, malah semangat ngechantnya makin menggila.

*

Encore, ada imamnya seh mimpin di depan bangku VIP, yatapi tribun kiri bandel mulai duluan. Ndak rapi di awal, perlahan encore membaik, cukup lama. Sebelum member balik ke panggung ada video pengumuman Konser 2nd Anniversary JKT48 yang di JCC sana.

EN1. JKT Sanjou
Member muncul pakai kaos konser, hotpants, sama sneakers. Yang beda cuma Stella, terlihat alim sendiri pakai jeans celana 3/4. Selalu suka sama animo tiap lagu ini dibawakan, yang capek jadi semangat ngechant lagi.
EN2. First Rabbit
Di ujung lagu member duduk di tepi depan panggung, interaksi ke penonton yang istimewa.
EN3. Heavy Rotation
Sebelum mulai, Melody cerita kalau lagu ini sangatlah bersejarah buat mereka, dulu disebut grup Aiwanchu Ainidyu, sering dibilang mau tawuran. Melody mengajak semuanya ikut bernyanyi dan lagi-lagi dia mengajak Nabilah untuk praktek chant khas fans Malang: buka titik joss! asik asik joss! jya jya jya jya tahu tahu tahu! Pecah, di lagu beneran pecah, fans ya ikutan nyanyi juga ndak lupa ngechant. Mungkin fans merasakan yang namanya rindu, kagum, bangga jadi satu.
EN4. Koisuru Fortune Cookie
Full chant kamehameha, taik! Beberapa fans juga sudah ndak tahan kalau cuma duduk saja, pada ikutan joget! Saya pura-pura saja ikutan berdiri joget, sambil mengamati hey hey hey-nya Shania sama Naomi. Buset dah itu berdua! Di akhir lagu member langsung loncat turun dari panggung berani menghampiri pagar pembatas ke arah penonton VIP, suangar. Mungkin ini pertama kalinya mereka lakukan.

Result:
  • Senang bisa lihat member sangat senang dan merasa aman di Malang. Buktinya? Mereka berani loncat dari panggung menuju penonton di akhir konser. Sebelumnya pas ke Pizza Hut mereka juga jalan sendriri dar hotel ndak ada yang nganter.
  • Setlist lagu konser pas di Malang asik banget, crowd dan temponya dari awal sampai akhir kejaga. Cuma yang disayangkan ndak ada lagu dari Team KIII sama sekali.
  • Fanbase? Jempolan dah, mulai dari kesabaran mereka meladeni ticketing, bantu kerja EO, sampai kreatif bikin banner member lengkap dan niat bikin pesawat kertas yag dibagikan ke penonton. Oiya, pas selesai konser pas member mau meninggalkan Graha Cakrawala disambut pakai kembang api juga.

Comments